Responsive image
Responsive image
Home / Komunitas
Responsive image
23 Feb 2020

Komunitas Xbank Indonesia Ajak Masyarakat Sadar Haramnya Riba

Mega  - Komunitas
Responsive image

gomuslim.co.id – Allah SWT sangat membenci perbuatan riba. Bahkan, dikatakan bahwa dosa riba itu lebih besar dibandingkan dosa zina dan durhaka terhadap orang tua. Tapi meski begitu, masih banyak aktivitas manusia saat ini yang masih bergelut dengan riba hanya demi mengumpulkan harta dunia.

Maka dari itu, sebuah komunitas yang concern terhadap hukum riba, yakni Xbank Indonesia ingin mengajak masyarakat, khususnya para pegawai lembaga ribawi untuk sadar akan haramnya riba.

Kepada gomuslim, Founder Xbank Indonesia, El Candra menjelaskan, Xbank Indonesia adalah sebuah komunitas nirlaba yang terdiri dari sekumpulan orang yang memiliki latar belakang sebagai pegawai di lembaga keuangan RIBAwi yang telah atau berniat hijrah agar terlepas dari transaksi riba dan mendapatkan jalan rejeki yang lebih diridhai Allah SWT.

Komunitas Xbank Indonesia terbentuk sejak tahun 2017 yang kemudian diresmikan pada 15 Juli 2017 di Yogyakarta, tepatnya di Gedung De’Halal Mart, Jalan Kaliurang KM 9, Sleman dan dihadiri oleh hampir dari 400 orang dari berbagai daerah.

“Jadi, Xbank Indonesia ini adalah komunitas tempat ngumpulnya orang-orang dari lembaga ribawi, bisa perbankan, koperasi, leasing, finance, asuransi, dan perusahan pembiayaan lainnya yang berhubungan dengan ribawi. Siapa yang ngumpul didalamnya ? Ialah orang yang sudah menyatakan bahwa dirinya sudah keluar atau akan keluar dari lembaga tersebut, atau berniat keluar tapi belum berani, maka boleh itu untuk bergabung,” ujar El, sapaan akrabnya saat ditemui di Masjid Jendral Sudirman WTC Tower, Jakarta Selatan, Ahad (23/2/2020).

El mengungkapkan, Xbank Indonesia juga dibentuk sebagai tempat sharing, tempat saling memotivasi dan saling menguatkan antar member yang sedang atau baru berhijrah. Selain itu, komunitas ini sebagai wadah untuk memberikan oportunity seperti info lowongan pekerjaaan yang lebih syar'i, training usaha tentang bagaimana membuat usaha baru yang lebih syariah agar member atau calon member bisa mendapatkan kesempatan peluang pekerjaan yang terhindar dari riba.

“Karena kita tahu bahwa melakukan hijrah sendiri itu berat, harus ada yang saling menguatkan dan mengingatkan. Nah, setelah keluar, orang-orang yang hendak berhijrah ini harus banyak berkumpul atau bertemu dengan orang-orang yang sudah semisi. Karena yang namanya setan akan menggoda terus,” bebernya.

Selama dua tahun berjalan, komunitas Xbank Indonesia telah memiliki sekitar 25.000 member dari seluruh Indonesia yang mendaftar melalui google form dan memiliki kepengurusan Xbank di 40 kota ditiap daerah.

“Bahkan di Papua Sorong, Xbank Indonesia sudah ada. Kita hanya belum terbentuk di Maluku. Dan dari keseluruhan member, 40 persen didominasi dari para pelaku bank, kemudian leasing, dan 11 persen dari bank syariah,” bebernya.

El mengaku, ia sendiri dahulunya merupakan salah seorang banker dari sebuah perbankan swasta nasional. Tapi akhirnya, ia memutuskan untuk hijrah dan meninggalkan pekerjaannya untuk bertobat dari perbuatan riba.

Selanjutnya, ia membuat konsep komunitas Xbank Indonesia yang bertujuan untuk mengajak masyarakat, atau para pelaku ribawi untuk sama-sama berhijrah demi mendapat ridha Allah SWT.

“Saya pribadi, dulu menganggap riba hanya sebatas rentenir. Tapi ternyata tidak demikian. Pekerjaan saya pun ternyata perbuatan riba. Maka dari itu saya mulai berhijrah dan meninggalkan pekerjaan saya. Dan melalui Xbank Indonesia ini, saya ingin mengajak para pelaku riba untuk sama-sama kita bertobat dan berhijrah. Insya Allah ada pekerjaan yang lebih diridhai Allah SWT,” ungkapnya.

Meski demikian, El menegaskan bahwa Exbank Indonesia bukan perkumpulan atau komunitas yang memusuhi Bank. Hanyak saja, tidak membenarkan perilaku atau perbuatan riba.

“Kita tidak memusuhi bank. Salah jika dikatakan Xbank Indonesia itu memusuhi bank. Kita hanya membenci perbuatan riba. Jika ada bank yang sama sekali tidak mengandung unsur riba, kita akan dukung penuh,” pungkasnya. (mga)

Responsive image
BACA JUGA
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
KOMENTAR
Responsive image
TULIS KOMENTAR
Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka

Responsive image
Responsive image