:
:
Halal Cooking
Cara Membuat Puding Roti Kurma yang Simpel dan Menyehatkan

gomusim.co.id - Libur panjang di masa pandemi membuat banyak orang berdiam diri di dalam rumah. Walaupun tak sedikit pula yang berlibur dengan menerapkan protokol kesehatan. Bagi sahabat gomuslim yang menghabiskan waktu libur panjang di rumah, ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memasak.

Memasak adalah salah satu aktivitas yang bisa meningkatkan hormon kehahagiaan lho. Artinya sahabat gomuslim bisa mengisi waktu liburan akhir tahun dengan memasak beberapa menu sepsial yang halal dan bermanfaat di rumah.

Resep yang dibagikan kali ini adalah puding roti kurma. Jenis makanan penutup ini mengandung nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi tubuh. Cocok juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh dimasa pandemi.

Puding dikenal sebagai hidangan penutup alias dessert yang bisa cicampur dengan beberapa makanan lainnya seperti buah kurma. Puding yang segar untuk dan menyehatkan pencernaan, cocok jika dicampurkan dengan buah kurma yang manis. Perpaduan rasa keduanya akan menciptakan rasa puding yang manis lho.


Baca Juga: 

Rekomendasi dr. Zaidul Akbar, Begini Cara Mudah Buat Jus Tempe Campur Kurma

 

Puding roti atau yang biasa disebut dengan bread pudding menggunakan bahan yang mudah didapat dan membuatnya pun mudah. Berikut ini adalah bahan dan juga cara pembuatannya;

Bahan:

2 lembar roti kulit

250 ml susu

4 butir kurma besar, buang bijinya dan dibelah menjadi beberapa bagian sesuai selera

1 butir telur

1 kuning telur

Vanili secukupnya

Bubuk kayu manis secukupnya

1 sampai 2 sendok makan gula

2 sendok makan madu

Setengah sendok makan garam

1 sendok butter yang tekah dicairkan

Cara Membuat:

1. Pertama rendamlah kurma selama kurang lebih 3 jam dengan susu. Setelah itu tiriskan kurmanya.

2. Kocok telur, gula, madu, garam dan susu dengan menggunakan whisker, beri vanili dan bubuk kayu manis sedikit. Masukkan butter yang dicairkan, kemudian kocok lagi hingga merata. Anda bisa menambahkan madu dengan jumlah banyak sebagai upaya meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Tata roti dan kurma dalam wadah, kemudian tuangi kocokan susu.

4. Panaskan oven 180 derajat, Panggang selama 40-50 menit atau sampai puding matang.

5. Anda bisa menambahkan madu, saus vla pada puding yang telah siap saji.

Dilansir dari klik dokter, kurma mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan menyelamatkan hati dari racun. Selain itu, kulit kurma juga bisa berfungsi sebagai agen antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Beragam nutrisi penting dalam buah kurma antara lain kalium, magnesium, fosfor, zinc, mangan, dan selenium, yang dipercaya sebagai mineral penting dalam fungsi kekebalan tubuh dimasa pandemi.

Selain itu, kurma juga bisa membantu tubuh menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan flavonoid. Senyawa tersebut punya peran sebagai antiinfeksi, antiinflamasi, dan antihemoragik.

Simpel dan menyehatkan bukan, sahabat gomuslim bisa mencobanya dirumah ya. (wan/klikdokter)


Baca Juga: 

Manfaat Mengkonsumsi Kurma Sesuai Anjuran Nabi SAW

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store