:
:
Halal Cooking
Punya Banyak Manfaat, Ini Salah Satu Resep Olahan Paprika Merah

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, kalian tidak asing kan dengan salah satu jenis sayur yang masuk dalam kategori cabai-cabaian, Paprika ? Biasanya, Paprika menjadi salah satu pelengkap masakan.

Nah, ternyata Paprika memiliki banyak kandungan yang bermanfaat loh di dalamnya. Salah satunya vitamin C. Biasanya, kita mengira vitamin C hanya bisa didapatkan dari jeruk atau suplemen.

Padahal di dalam satu buah paprika memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi. Bahkan untuk jenis paprika hijau yang belum sepenuhnya matang saja kadar vitamin C-nya masih lebih tinggi daripada jeruk hingga dua kali lipat.

Seperti yang kita ketahui, vitamin yang spesial ini membantu mencegah sariawan, memperkuat daya tahan tubuh, dan mengantisipasi inflamasi pada pembuluh darah yang bisa mengarah ke berbagai penyakit.

Contohnya adalah penyakit jantung, diabetes, serta kolesterol. Paprika juga berperan menangkal radikal bebas dalam tubuh. Nutrisi lainnya yang terdapat pada paprika adalah thiamin, niacin, folat, magnesium, dan tembaga.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh badan kesehatan Amerika Serikat yaitu USDA menemukan bahwa paprika memiliki kadar vitamin K yang dapat mencegah koagulasi darah dan memiliki peranan dalam mencegah osteoporosis. Uniknya, paprika yang ditumis bisa mengandung vitamin K lebih banyak daripada paprika mentah.

Selain rasanya yang manis, paprika juga jelas bebas lemak, rendah sodium, bebas kolesterol, rendah kalori, dan kaya akan vitamin serta nutrisi-nutrisi lainnya.

Di Halal Cooking kali ini, gomuslim akan memberikan salah satu resep masakan dengan menggunakan paprika merah, yakni Tumis Ayam Paprika. Yuk langsung bikin ajah!

Bahan yang disiapkan:

  1. 500 gram daging ayam (potong dadu atau sesuai selera)
  2. 5-6 buah paprika merah (potong dadu atau sesuai selera)
  3. 3 siung bawang merah dan putih
  4. 1 buah bawang bombay
  5. 3 buah cabai hijau besar
  6. Garam, gula, penyedap rasa dan bubuk lada hitam
  7. 50 ml air
  8. Minyak goreng atau margarin untuk menumis

Cara membuat:

  1. Haluskan bawang merah dan putih, sisihkan. Iris kecil-kecil cabai hijau besar dan bawang bombay, sisihkan.
  2. Siapkan wajan dan tambahkan sedikit minyak goreng atau margarin. Tumis bawang merah dan putih yang sudah halus, kemudian masukkan bawang bombay dan cabai hijau. Tumis hingga harum.
  3. Jika bumbu sudah harum, masukkan daging ayam dadu, aduk rata. Tambahkan sedikit air, biarkan hingga daging ayam mengembang.
  4. Masukkan potongan paprika kedalam tumis ayam. Kemudian, tambahkan garam, gula penyedap rasa dan bubuk lada hitam secukupnya. Aduk rata.
  5. Setelah dirasa cukup matang, angkat. Tumis Ayam Paprika pun siap dihidangkan.

Nah, itu dia salah satu referensi resep masakan dengan menggunakan Paprika. Selamat mencoba dan tetap sehat ya sahabat gomuslim.(mga/dbs)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store