:
:
Destinasi
Berkunjung ke Masjid Al-Hidayah, Salah Satu Wisata Religi di Bali

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, pandemi COVID-19 yang melanda tanah air sejak pertengahan Maret 2020 lalu, masih membuat sebagian bidang, khususnya pariwisata mengalami kelumpuhan.

Tapi diketahui, sejumlah destinasi wisata religi di tanah air, sebagian ada yang sudah membuka pintunya untuk bisa dikunjungi oleh masyarakat. Tentu dengan tetap menerapkan aturan pembatasan dan protokol kesehatan.

Salah satu destinasi religi yang telah membuka pintunya untuk umum ialah Masjid Al-Hidayah Bedugul yang terletak di Jalan Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Masjid ini berada di pinggir jalan utama Denpasar – Singaraja, tepatnya berada di depan objek wisata Danau Baratan – Bedugul atau objek wisata Pura Ulun Danu.

Kita semua tahu, Bali terkenal dengan berbagai Destinasi Wisata Terbaik Indonesia. Namun, Bali juga memiliki sejumlah objek wisata bernuansa Islami yang pasti, selain indah, bisa menyejukkah hati.

Adanya Masjid Al Hidayah Bedugul, diketahui berawal dari keberadaan komunitas-komunitas muslim di daerah Bedugul, ditambah banyaknya wisatawan beragama Islam yang berkunjung ke Pura Ulun Danu Beratan, menjadikan masyarakat di kawasan Bedugul merasa perlu untuk mendirikan tempat ibadah dan lembaga pendidikan bernuansa Islam. Sehingga, berdirilah pondok pesantren, Madrasah Aliyah serta sebuah masjid yang semuanya diberi nama ‘Al-Hidayah’. 

Selain itu, untuk menopang biaya operasional lembaga pendidikan, didirikanlah wisata agro Kebun Strawberry yang dikelola Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S) Pondok Pesantren Hidayah Bali.

Untuk, bagi wisatawan muslim yang berkunjung ke Pura Ulun Danu, dapat pula menikmati aktifitas berwisata agro strawberry. Karena selain menghadirkan keasyikan tersendiri, kalian juga bisa turut membantu keberlangsungan Pondok Pesantren dan Madrasah Aliyah Al Hidayah.

Masjid Al-Hidayah Bedugul terbilang memiliki bangunan yang cukup megah dengan desain indah yang dipengaruhi gaya arsitektur Bali. Masjid ini pun dibangun di lereng bukit, sehingga untuk mencapai lokasi masjid harus berjalan kaki menapaki anak tangga yang panjang dan tinggi.

Sesampainya di pelataran, kita pun akan melihat bangunan masjid berlantai dua yang berdiri dengan gagah. Pengunjung yang berada di sini, tidak hanya dapat menikmati bangunan masjid yang indah, tapi juga eloknya landskap Danau Beratan dengan Pura Ulun Danu yang ada di kejauhan.

Bila kita lihat jarak dari Masjid Al Hidayah menuju Danau Beratan dan Ulun danu Beratan tidak terlalu berjauhan, hanya dengan berjalan kaki selama kurang lebih 11 menit kita sudah bisa mencapai ketiga lokasi tersebut. (mga)

Sumber : infowisata.tabanankab.go.id

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store