:
:
Destinasi
Mandalawangi Cibodas Camping Ground, Destinasi Wisata Pilihan Para Pecinta Keindahan Alam 

gomuslim.co.id – Refreshing merupakan salah satu cara melepas kejenuhan setiap orang. Apalagi mereka yang sehari-harinya dipenuhi dengan rutinitas pekerjaan. Tapi ke mana sebaiknya berekreasi? 

Nah, sahabat gomuslim, air terjun (Curug), camping, atau mungkin naik gunung bisa jadi pilihan terbaik untuk berlibur dengan menikmati keindahan alam. Salah satunya bisa kamu lakukan di wisata Perkemahan Mandalawangi. 

Tempat wisata yang lebih dikenal dengan Mandalawangi Cibodas Camping Ground ini berada di area Gunung Gede, tepatnya di bawah kaki Gunung Gede Pangrango. Tempatnya memiliki nuansa alam yang masih segar, sejuk dan indah sehingga dapat menjadi salah satu favorit wisata berkemah bagi para petualang dan penyuka kegiatan luar ruangan lainya.

Perkemahan Mandalawangi berada di Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini memiliki keadaan suhu yang cukup dingin, dalam hitungan beberapa aplikasi, Mandalawangi memiliki suhu mencapai 10 derajat Celsius.

Berkemah dengan Pemandangan Hutan di Mandalawangi Cibodas Camping Ground

Perkemahan Mandalawangi memiliki kondisi geografis yang terdiri dari sungai, danau, tanah kerikil yang mudah menyerap air, tanah rerumputan, semak, pepohonan, dan hutan. Di Perkemahan Mandalawangi, terdapat area perkemahan yang sangat luas sehingga traveler dapat memilih titik lokasi berkemah yang ideal sesuai kebutuhan dan keinginan.

Sebelum masuk area perkemahan dengan rute yang sedikit menanjak, sahabat gomuslim yang ingin berkemah di Mandalawangi akan melewati patung komodo yang mulutnya terbuka dan berfungsi sebagai jalan atau terowongan.

Sungai Cikundul Mandalawangi Camping, tepat di atas sungai terdapat Patung Komodo sebagai jembatan melintas

Setelah melewati patung itulah, traveler dapat memilih titik camping yang di inginkan. Misalnya di dekat dengan danau, dekat sungai dengan intensitas air mengalir yang cukup aman, atau ingin berhadapan dengan hutan? semua bisa dipilih sesuai spot yang dibutuhkan dan diinginkan.

Sahabat gomuslim, biasanya para traveler saat camping akan memasak di dekat tenda. Nah, di Mandalawangi Cibodas Camping Ground, para traveler dapat dengan mudah menemukan air bersih untuk memasak. Untuk alat memasak bisa bawa sendiri atau sewa. Tempat sewa alat camping pun tersedia di area parkir wisata. Untuk bahan memasak, juga tersedia di warung area parkir seperti kopi, telor ataupun mie instan.

Memasak instan di malam hari menjadi pilihan terbaik untuk menikmati alam

Mandalawangi Camping Ground memiliki beberapa objek wisata yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Diantaranya adalah Danau Mandalawangi Cibodas, Sungai Cikundul, Jungle Track, Air Terjun Rawa Gede, dan Perahu Dayung.

Danau Mandalawangi Cibodas menjadi salah satu spot foto terbaik

Tim Expedisi gomuslim menempuh jarak dari titik berangkat Cawang, Jakarta Timur ke lokasi Mandalawangi Camping Ground sekitar kurang lebih 4 jam. Tim ke sana melewati jalan tol Jagorawi dan keluar di tol Gadog arah puncak. Kemudian mengikuti jalur puncak hingga melewati puncak pas dan mengikuti  jalan yang tersedia untuk sampai ke Gunung Gede Pangrango.

Untuk berkemah di Mandalawangi Camping Ground, sahabat cukup mengeluarkan uang di pintu pertama 1 mobil seharga Rp. 8.000. Kemudian parkir mobil semalaman Rp. 30.000. Karcis masuk berkemah pengunjung untuk Warga Negara Indonesia (WNI) ke area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango seharga Rp. 24.000/2 hari.

Tim Expedisi Gomuslim

Karcis ini jangan sampai hilang ya sahabat, karena petugas akan mengecek karcis yang kita miliki. Karcis ini hanya berlaku 2 hari 1 malam. Artinya, jika melewati waktu yang ditentukan, maka harus membeli karcis lagi sesuai dengan jumlah orang yang berkemah.

Sepanjang perjalanan sampai ke lokasi berkemah, kita akan disajikan keindahan alam dan segarnya udara di hutan. Berkemah tidak butuh budget besar. Meski dana minim, kita bisa langsung berkemah. Lebih dari itu, dengan berkemah, kita juga akan merasakan apa arti kekompakan, arti saling melindungi, dan eratnya persaudaraan. Semoga referensi Mandalawangi Cibodas Camping Ground dapat menjadi pilihan para sahabat semua. (hmz)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store