:
:
Catatan Pena
Puasa dan Syukur !

gomuslim.co.id - Mampu berpuasa itu nikmat yang harus disyukuri. Nikmat iman. Nikmat Islam. Nikmat ihsan. Nikmat sehat, nikmat muqim, tidak bepergian, di sini, di rumah saja bersama keluarga tercinta.

Puasa tidak untuk sengsara menyengsarakan tapi untuk bahagia bahagia. Dampak COVID-19 menimpa umat dan bangsa. Semua ingin keluar dari musibah, jauh dari derita dan hidup bahagia. Bahagiakan dirimu dengan senang hati sesama.

Ulurkan tanganmu untuk memberikan udara seteguk bagi yang kehausan. Buatlah nasi untuk yang dibawa. Seberkas cahaya bagi yang kegelapan. Bagi yang lemah terlindungi. Sekilas senyuman bagi yang dirundung kesedihan. Bersyukur itu Berbagi. Bersyukur itu penting. Bersyukur itu mencintai

Al-Baqarah [2]: 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْعَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Karena itu, barang siapa di antara kamu ada di bulan (Ramadhan) itu, maka berpuasalah. Dan barang siapa yang sakit atau dalam perjalanan, maka menggantinya pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki izin bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur. (ADV- Laz Al Azhar)

 

Oleh : Dr. KH. Shobahussurur, MA

(Ketua YPI Al Azhar Bidang Dakwah dan Sosial)

Responsive image
Other Article