:
:
Catatan Pena
Zakat, Infaq dan Shadaqah

gomuslim.co.id - Istilah Zakat, Infaq dan Shadaqah menunjuk kepada satu pengertian yaitu sesuatu yang dikeluarkan. Pengertian infaq dan shadaqah adalah mengeluarkan sebagian harta karena Allah SWT, baik yang bersifat wajib seperti zakat, kafarat, nadzar, maupun yang bersifat sunnah diantaranya, infak kepada fakir miskin sesama muslim, infak bencana alam, infak kemanusiaan, dll. Sedangkan zakat hukumnya wajib secara mutlak.

Adapun menurut kebiasaan di masyarakat Indonesia, perbedaan ketiga istilah tersebut yaitu: zakat hukumnya wajib sedangkan infaq dan shadaqah hukumnya sunnah. Atau zakat yang dimaksudkan adalah sesuatu yang wajib dikeluarkan, sementara infaq dan shadaqah adalah istilah yang digunakan untuk sesuatu yang tidak wajib dikeluarkan. Jadi pengeluaran yang sifatnya sukarela itu yang disebut infaq dan shadaqah. Perbedaannya juga dapat dicermati antara lain yaitu:

  1. Zakat, sifatnya wajib dan adanya ketentuannya/batasan jumlah harta yang harus dizakati dan siapa yang boleh menerima.
  2. Infaq, sumbangan sukarela atau tidak wajib dan bentuknya materi.
  3. Shadaqah, hukumnya tidak wajib dan lebih luas dari infaq, karena yang disedekahkan tidak terbatas pada materi saja.

Berikut pengertian zakat, infaq dan shadaqah secara lebih rinci:

Pengertian Zakat

Zakat secara bahasa mempunyai beberapa arti: An-Nama’ (tumbuh dan berkembang), Ath-Thaharah (suci), dan Ash-Sholahu (baik). Sedangkan menurut terminologi syari’ah, zakat berarti kewajiban atas harta atau sejumlah harta tertentu yang dikeluarkan oleh muslim atau badan usaha yang dimiliki oleh muslim dalam waktu tertentu untuk diberikan kepada golongan tertentu yang berhak menerimanya sesuai dengan syariat Islam. Zakat juga berarti derma yang telah ditetapkan jenis, jumlah dan waktu suatu kekayaan atau harta yang wajib diserahkan serta pendistribusian & pendayagunaannya pun ditentukan pula.

Pengertian Infaq

Infaq secara bahasa mempunyai arti keluar. Sedangkan Infaq secara istilah adalah mengeluarkan sebagian harta untuk sesuatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah SWT. Infaq sering digunakan oleh Al-Quran dan Hadits untuk beberapa hal, diantaranya :

  1. Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan, yaitu zakat. Infaq dalam pengertian ini berarti zakat wajib.
  2. Untuk menunjukkan harta yang wajib dikeluarkan selain zakat, seperti kewajiban seorang suami memberikan nafkah untuk istri dan anak-anaknya. Kata infaq disini berubah menjadi nafkah atau nafaqah.
  3. Untuk menunjukkan harta yang dianjurkan untuk dikeluarkan, tetapi tidak sampai derajat wajib, seperti memberi uang untuk fakir miskin, menyumbang untuk pembangunan masjid atau menolong orang yang terkena musibah. Mengeluarkan harta untuk keperluan-keperluan di atas disebut juga dengan infaq. Biasanya infak ini berkaitan dengan pemberian yang bersifat materi

Pengertian Shadaqah

Shadaqah secara bahasa berasal dari akar kata shodaqa, berarti sesuatu yang benar atau jujur. Shadaqah bisa diartikan mengeluarkan harta di jalan Allah, sebagai bukti kejujuran atau kebenaran iman seseorang. Shadaqah juga sering disebut dalam Al-Quran dan Hadits untuk makna sebagai berikut:

  1. Pemberian harta kepada orang-orang fakir, orang yang membutuhkan, ataupun pihak-pihak lain yang berhak menerima shadaqah, tanpa disertai imbalan.
  2. Shadaqah identik dengan zakat. Misalnya firman Allah SWT “Sesungguhnya zakat-zakat itu adalah bagi orang-orang fakir, orang-orang miskin, amil-amil zakat …” (QS. At-Taubah: 60)
  3. Shadaqah adalah sesuatu yang ma’ruf (benar dalam pandangan syara’). Pengertian ini didasarkan pada hadits shahih riwayat Imam Muslim bahwa Nabi SAW bersabda :

“Kullu ma’rufin shadaqah” (Setiap kebajikan, adalah shadaqah)

Sedekah bisa diartikan juga dengan mengeluarkan harta yang tidak wajib di jalan Allah. Tetapi kadang diartikan sebagai bantuan yang non materi, atau ibadah-ibadah fisik non materi, seperti menolong orang lain dengan tenaga dan pikirannya, mengajarkan ilmu, bertasbih, berdzikir, bahkan melakukan hubungan suami istri, disebut juga sedekah (ADV – LAZ Al Azhar)

Responsive image
Other Article