:
:
Belajar Islam
Inilah Peristiwa Penting yang Terjadi pada 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah

gomuslim.co.id - Bulan Zulhijjah menjadi salah satu bulan yang sangat penting dan dinanti bagi umat Islam. Pasalnya pada bulan ini, ada banyak ibadah dan amalan lain yang bisa dilakukan. Dua diantaranya adalah ibadah haji dan kurban. 

Tak hanya itu, ada pula amalan-amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilakukan di 10 hari pertama bulan Zulhijjah.

Jika kita melihat ke belakang, ternyata cukup banyak peristiwa penting yang terjadi di bulan Zulhijjah ini. Mulai dari diampuninya dosa Nabi Adam hingga peristiwa Nabi Ibrahim Menyembelih Ismail. Penasaran kan peristiwa penting apa saja yang pernah terjadi pada 10 hari pertama bulan Zulhijjah ini? Nah, berikut ini peristiwa-peristiwa penting tersebut:

 

Baca juga:

Keutamaan 10 Hari Pertama Bulan Zulhijjah

 

Tanggal 1 Zulhijjah

Hari dimana Allah SWT mengampuni kesalahan Nabi Adam AS. Kesalahan inilah yang menyebabkan Nabi Adam dan istrinya keluar dari surga karena memakan buah terlarang. Semoga Allah SWT juga mengampuni dosa-dosa kita pada bulan ini, sebagaimana Allah SWT mengampuni Nabi Adam AS.

Tanggal 2 Zulhijjah

Ini adalah momen saat do’a Nabi Yunus AS dikabulkan Allah. Lalu Allah menolong Nabi Yunus dengan mengeluarkan Nabi Yunus AS dari dalam perut ikan. Semoga doa-doa kita dikabulkan dan senantiasa mendapatkan pertolongan dari Allah.

Tanggal 3 Zulhijjah

Peristiwa bersejarah lainnya adalah doa Nabi Zakariya AS dikabulkan Allah SWT . Nabi Zakariya AS berdoa agar diberikan keturunan, padahal Nabi Zakariya AS waktu itu sudah berumur 120 tahun. Bagi yang mendambakan keturunan, perbanyaklah doa pada bulan ini, semoga Allah kabulkan untuk mendapatkan keturunan.

Tanggal 4 Zulhijjah

Ini merupakan hari kelahiran Nabi Isa AS yang dilahirkan oleh ibunya Maryam di sudut kota Batlehem dalam kedaan sehat, meski sempat menggegerkan kaumnya. Pasalnya, ia terlahir dari seorang yang masih perawan. Semoga pada bulan ini, Allah SWT hilangkan segala kesulitan hidup kita dan menjadi hamba yang dimuliakan Allah SWT.

Tanggal 5 Zulhijjah

Pada tanggal ini merupakan hari kelahiran Nabi Musa AS. Beliau dilahirkan di desa Uksur, Mesir. Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan dan dijauhkan dari segala macam sifat buruk.

Tanggal 6 Zulhijjah

Kini giliran Nabi Muhammad SAW, pada hari ini Allah SWT membuka pintu kebaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga Allah juga memberikan rahmat-Nya bagi kita umat Muhammad SAW.

Tanggal 7 Zulhijjah

Pintu-pintu neraka ditutup dan dikunci, dan baru akan dibuka setelah hari kesepuluh dari bulan Zulhijjah. Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 7 Zulhijjah, maka akan terhindar dari 30 pintu kesusahan dan dibukakan baginya 30 pintu kemudahan.

 

Baca juga:

Ini 14 Hadits Lemah Seputar Bulan Zulhijjah

 

Tanggal 8 Zulhijjah

Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun Ka’bah. Ketika bangunan Ka’bah telah jadi, Nabi Ibrahim merenung apakah yang ia lakukan mendapat pahala atau tidak. Maka disebutlah hari kedelapan dari bulan Zulhijjah dengan yaum al-tarwiyah yang artinya hari merenung dan berfikir.

Ada yang mengatakan Nabi Ibrahim bermimpi mendapat tugas dari Allah untuk menyembelih Ismail. Maka, seharian Nabi Ibrahim berfikir apakah perintah itu benar-benar dari Allah atau dari Setan. Maka, barang siapa yang berpuasa pada tanggal 8 Zulhijjah, Allah akan memberinya pahala yang nilaianya hanya Allah yang tahu.

Tanggal 9 Zulhijjah

Hari ini di sebut Yaumul Arofah. Hari dimana Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail AS atas perintah Allah. Disebut Yaumul Arofah karena tempat untuk menyembelih Nabi Ismail AS itu dinamakan Arafah. Semoga Allah mengampuni dosa kita pada satu tahun yang lalu dan satu tahun yang akan datang.

Tanggal 10 Zulhijjah

Peristiwa Nabi Ibrahim AS akan menyembelih Nabi Ismail AS atas perintah Allah inilah yang menjadikan tanggal 10 Zulhijjah sebagai hari raya Idul Adha atau di Indonesia dikenal dengan nama hari raya kurban.

Wallahu a'lam bishawab

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store