:
:
Belajar Islam
Ini 5 Sosok yang Akan Muncul Sebagai Tanda Kiamat Besar

gomuslim.co.id – Meski tidak ada satu manusia pun di dunia ini yang tau pasti kapan terjadinya hari akhir atau hari kiamat, tapi Allah SWT telah memberikan tanda-tanda kapan hari kiamat itu akan tiba.

Namun demikian, Rasulullah bersabda, “Kiamat tidaklah terjadi sehingga kalian melihat sepuluh tanda-tanda sebelumnya.”

Rasulullah juga menyebut “yaitu kabut, Dajjal, binatang melata (ad-dābbah), terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam AS, Ya’juj dan Ma’juj, tiga gerhana; gerhana di timur, gerhana di barat dan gerhana di jazirah Arab, dan yang terakhir adalah api muncul dari Yaman menggiring manusia menuju tempat perkumpulan mereka”. 

“Di antara kejadian Adam hingga Hari Kiamat, (tidak ada) sesuatu kejadian yang lebih besar daripada Dajjal. Dia akan keluar diantara Syam dan Iraq dan akan membuat kerusakan ke kanan dan ke kiri. Wahai hamba Allah teguhlah kalian,” sabda Rasulullah.

Umat manusia, khususnya muslim pun harus meyakini adanya hari ini. Seperti poin dalam Rukun Iman, yakni Percaya kepada Hari Kiamat, maka, umat muslim harus meyakini dan mengimani tentang hari akhir tersebut.

Nah, seperti yang disampaikan Rasulullah sebagaimana sabda beliau tersebut, berikut lima sosok yang dikatakan akan muncul ketika menjelang kiamat sebagai tanda-tandanya.

1. Dabbah

Dabbah adalah makhluk (hewan) melata yang muncul dari dalam bumi. Banyak perdebatan dari kalangan ulama mengenai rupa dari sosok ini. Mulai dari pendapat bahwa ia berwujud anak unta nabi Shaleh hingga sosok hewan yang bagian tubuhnya menyerupaik campuran dari hewan-hewan lain. Tugas dari kemuncunlan Dabbah adalah berbicara dengan manusia dan menandai mana orang beriman dan mana orang yang kafir.

2. Ya’juj dan Ma’juj

Ya’juj dan Ma’juj adalah sekumpulan manusia yang memiliki kemampuan fisik yang sangat kuat dan rasa rakus yang luar biasa. Ya’juj dan Ma’juj telah ada bahkan saat masa Rasulullah SAW, namun terhalang oleh tembok yang dibuat oleh Zulkarnain (yang kisahnya diabadikan dalam surah Al-Kahfi). Kelak, kehadiran Ya’juj dan Ma’juj akan mengakibatkan huru hara dan kehancuran besar-besaran di permukaan bumi sehingga manusia yang lain yang tersisa harus bertahan didalam benteng diatas sebuah bukit thursina bersama dengan Nabi Isa as.

3. Dajjal

Dajjal merupakan salah satu sosok yang paling berbahaya yang muncul di akhir zaman. Kemunculannya pun akan membaca bencana iman yang luar biasa. Dajjal akan menguasai bumi selama 40 hari. Allah SWT memberikan kemampuan padanya bahwa ucapannya selalu dikabulkan oleh Allah. Ia akan mendapatkan banyak pengikut dan orang-orang yang menentangnya akan dibunuh. Kelak, ia akan tewas ditangan Isa bin Maryam di Gerbang Ludh.

4. Imam Mahdi 

Beliau dalam keturunan langsung dari Rasullullah dan memiliki nama yang sama dengan Rasulullah, bahkan nama ayahnya sama dengan nama ayah Rasulullah. Awalnya, dia bukanlah seorang yang baik, namun Allah merubah akhlak dan memperbaiki keimanannya dalma waktu satu malam saja. Beliau kelak akan menyatukan kembali umat islam dibawah satu komando pemimpin sebelum nanti Nabi Isa bin Maryam turun dan membantunya mengalahkan Dajjal.

5. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS akan turun menjelang kiamat tiba. Tugasnya adalah mengalahkan Dajjal yang telah merajai bumi dan membunuhnya di Gerbang Ludh Israel. Nabi Isa AS akan turun di sebuah menara putih dengan berpegangan pada dua sayap malaikat. Ia memiliki perawakan yang teduh dengan rambut lebat yang seakan-akan basah dan mengkilat.

Itu dia 5 sosok yang akan muncul sebagai tanda bahwa hari akhir atau kiamat akan segera tiba. Namun saat ini, tanda-tanda kiamat lainnya pun telah banyak bermunculan yang mungkin disadari ataupun tidak disadari oleh umat manusia. Allahua'lam. Semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. (mga)

Sumber : Instagram @syeikh.khalil

Responsive image
Other Article
Responsive image