Responsive image
Responsive image
Home / Belajar Islam
Responsive image
01 Feb 2020

Catat, Ini Hukum Tato dalam Islam

Mega  - Belajar Islam
Responsive image

gomuslim.co.id - Sahabat gomuslim, bagi sebagian orang, tato dianggap menjadi hal yang lumrah dan biasa. Beberapa orang sudah tidak lagi memandang tatto sebagai hal yang menyeramkan meski sebagian lainnya masih memandang tato sebagai hal yang buruk. Terlebih, jika ditilik dari hukum Islam yang melarang tato, baik itu orang yang memasang tatoo maupun yang membuat tato.

Tapi yang terjadi saat ini, hampir sebagian kaum muda menganggap tato sebagai bagian dari lifestyle. Bahkan, beberapa perempuan mulai berani membuat tato di area tubuhnya.

Tato dianggap akan menambah citra atau penampilan seseorang jauh lebih trendi. Tak jarang pula, sebagian kaum muda memutuskan untuk mentato tubuhnya hanya sekadar ikut-ikutan atau bentuk pemberontakan terhadap orangtua. Klise banget yah ?!

Islam melarang keras umatnya untukbertato. Hal demikian karena tato dinilai sebagai salah satu cara merusak diri. Sedangkan Islam sangat melarang perbuatan-perbuatan yang merusak diri sendiri atau mengubah ciptaan Allah SWT.

Tato sendiri adalah perbuatan menusuk-nusukkan jarum atau yang sejenisnya kepada kulit sehingga mengalirkan darah yang kemudian diberikan alkohol atau yang sejenisnya sehingga menjadi biru. Tato biasa dilakukan di tangan, wajah, badan bahkan kaki dan juga di bagian tubuh lainnya. Melakukan tato pada kulit adalah perbuatan yang diharamkan Allah SWT. 

Rasulullah SAW pernah bersabda dalam sebuah hadist yang artinya:

“Allah melaknat orang-orang yang membuat tato, orang-orang yang minta dibuatkan tato, orang-orang yang mencabut bulu mata, orang-orang yang minta dicabut bulu matanya, dan orang-orang yang merenggangkan gigi untuk mempercantik wajah, dan mereka yang mengubah ciptaan Allah.” (HR. Muslim)

“Allah melaknat wanita yang menyambung rambutnya, melakukan tato di wajahnya (mutawasshimah), menghilangkan rambut dari wajahnya, menyambung giginya, demi kecantikan, mereka telah merubah ciptaan Allah.” (HR. Bukhari)

Dalam Alquran Surat An-Nisa’ ayat 119, Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka mengubahnya. Barangsiapa yang menjadikan setan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

Nah, itu dia sahabat gomuslim hukum tato dalam Islam. Sudah sangat jelas ‘kan bagaimana Allah SWT dan Rasulullah SAW melarang umatnya untuk melakukan tato. Jadi, jangan coba-coba mentato tubuh kalian ya. Karena Allah SWT sudah menciptakan kita sebagai makhluk yang paling sempurna. Jadi, kita cukup bersyukur sebanyak-sebanyak kepada Allah SWT atas semua yang kita miliki saat ini.

“Dan janganlah kalian melemparkan diri kalian dalam kebinasaan.” (QS. Al-Baqarah : 195). (mga/DalamIslam)

Responsive image
BACA JUGA
Responsive image
Belajar Islam | 16 Feb 2020
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Responsive image
Belajar Islam | 18 Jan 2020
Responsive image
KOMENTAR
Responsive image
TULIS KOMENTAR
Kode Acak

*Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka

Responsive image
Responsive image