:
:
Belajar Islam
Ini Amalan Yang Bisa Dilakukan Saat Masuk Bulan Zulhijjah

gomuslim.co.id -Dzulhijjah adalah salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender hijriah. Bulan ini disebut juga dengan bulan haji. Dimana Jemaah haji dari seluruh penjuru dunia datang ke tanah suci atas panggilan Allah. Disebut sebagai bulan yang dihormati dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, dzulhijjah memiliki banyak sekali keutamaan.

Selain ibadah haji yang dilaksanakan pada bulan ini, ternyata bagi kita yang tidak sedang melakukan haji banyak sekali amalan yang bisa dilakukan. Apa saja itu ? Berikut amalan yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah:

1. Puasa

Perbanyak amalan shalih di 10 hari pertama bulan dzulhijjah dengan berpuasa. Seperti yang diriwayatkan dalam hadist.

“Tidak  ada hari dimana suatu amal shalih lebih dicintai Allah melebihi amal shalih yang dilakukan di sepuluh hari ini (sepuluh hari pertama dzulhijjah). Para sahabat bertanya, “Wahai Rasulullah termasuk lebih utama dari jihad fii sabilillah? Nabi Shalallahu Alaihi Wasalam menjawab “ termasuk lebih utama disbanding jihad fi sabilillah. Kecuali orang yang keluar dengan jiwa dan hartanya (ke medan jihad), dan tidak ada satupun yang kembali (mati dan hartanya diambil musuh) “ HR. Ahmad, Bukhari dan Turmudzi.

 

Termasuk puasa arafah yang memiliki keutamaan yakni dalam hadist yang diriwayatkan Ahmad dan Muslim “..puasa arafah, saya berharap kepada Allah agar menjadikan puasa ini sebagai penebus (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya” .

 

2. Memperbanyak dzikir

Hadist dari Abdullah bin Umar, bahwa Nabi Shalallahu alaihi wasalam bersabda. “ Tidak ada amal yang dilakukan di hari yang lebih agung dan lebih dicintai Allah melebihi amal yang dilakukan pada tanggal 1 – 10 dzulhijjah. Oleh karena itu perbanyaklah membaca tahlil, takbir, dan tahmid pada hari itu” HR. Ahmad.

 

 

Baca juga :

Inilah Keutamaan Bulan Dzulhijjah yang Perlu Kamu Tahu

 

3. Menyembelih hewan kurban

Pada bulan dzulhijjah identik juga dengan pemotongan hewan kurban, yang sejak dahulu dilakukan dan diwariskan dari Nabi Ibrahim AS. Sesungguhnya Allah SWT berfirman

“ Laksanakanlah shalat untuk Rab-mu dan sembelihlah kurban” Q.S Al-Kautsar : 2.

 

4. Shalat Idul Adha

Selain rangkaian ibadah diatas pada bulan dzulhijjah juga kita akan melaksanakan shalat ied seperti idul fitri. Rasullullah SAW bersabda “ Sesungguhnya Allah telah memberikan ganti kepada kalian dengan dua hari yang lebih baik : idul fitri dan idul adha” H.R An Nasa’I, Abu Daud, Ahmad, dan disahihkan Al Albani.

Sudah sepatutnya kita sebagai umat muslim memanfaatkan waktu di bulan dzulhijjah yang istimewa ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga segala rangkaian amalan shalih kita bisa diterima oleh Allah SWT. Aamiinn  

 

Wallahu A'lam Bishowab

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store