:
:
Belajar Islam
Ini Fadhilah dan Makna Tersembunyi Surat Yasin

gomuslim.co.id - Surat yasin menjadi salah satu surat dalam Al quran yang termasuk kedalam surat makiyyah, berisikan 83 ayat. Surat ini memiliki keajaiban dibaliknya. Keutamaan surat ini adalah akan diberikan ampunan oleh Allah SWT ketika kita senantiasa membacanya dan mampu mengamalkan arti dari masing-masing ayat tersebut.

Surat ini juga disebut-sebut sebagai jantungnya Al quran. Surat yasin diturunkan di Kota M\kkah sesudah diturunkannya Surat Jin. Rasulullah SAW bersabda, jantung Alquran itu ialah surat Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya" (HR Abu Daud).

Selain itu, surat Yasin diyakini mengandung banyak keutamaan, seperti sabda Rasulullah SAW, "Setiap sesuatu mempunyai hati. Adapun hari Alquran adalah Yasin. Maka barang siapa yang membaca Yasin, maka Allah menulis baginya (pahala) membaca Alquran 10 kali, selain Yasin". (HR Tirmidzi)

Yasin bukanlah satu kata karena kata ini ternyata terdiri dari Ya dan Sin yang diambil dari ayat permulaan surah. Ya memiliki artinya sendiri begitu juga dengan Sin. Ya merupakan nidaa atau huruf untuk memanggil yang bermakna wahai, sedangkan Sin mempunyai arti insan atau manusia yang memiliki maksud manusia sempurna.

Bukan tanpa arti istilah manusia sempurna ini karena yang sebenarnya dimaksud oleh huruf tersebut merupakan Sayyidina Nabi Muhammad SAW. Disebut sebagai manusia sempurna tentu ada alasannya, dan hal ini bisa ditemukan di QS. 36: 5 dengan penjelasan bahwa beliau adalah seorang Nabi yang sudah mendapat pewahyuan Al-Qur’an, sehingga jalan kehidupan yang dijalani adalah yang lurus dan benar.

Banyak sekali manfaat yang terkandung ketika kita senantiasa membaca surat ini. Diantaranya :

  1. Perlindungan dari Allah akan datangbagi kita dari malam hingga pagi menjadi salah satu rahasia hikmah dan kelebihan membaca Surat Yasin ketika malam hari
  2. Untuk suatu kaum yang sedang sakit atau terkena malapetaka, waktu dibacakan Yasin maka akan lepas dari malapetaka, wabah dan penyakit
  3. Perlindungan dari Allah akan datang bagi kita dari pagi hingga sore kalau kita membca Surat Yasin di pagi hari

 

Masih banyak lagi manfaat yang lainnya, tentu jika kita senantiasa membacanya dan terus istiqomah Allah SWT akan membalas siapa saja hambanya yang bertaqwa. Membaca Al quran juga bisa menjaga lisan kita dari ucapan-ucapan tercela. Begitu manfaatnya surat ini, banyak hadits yang menjelaskannya diantaranya.

Rasulullah SAW bersabda, "Lazimkan olehmu membaca surat Yasin, maka di dalamnya ada dua puluh berkat. Jikalau yang membaca orang lapar maka ia akan dikenyangkan. Jikalau yang membaca orang telanjang (orang tak mampu membeli pakaian) maka ia akan dikaruniai pakaian. Bila ia bujang maka ia akan cepat jodohnya. Bila ia takut, ia akan diberi keamanan. Bila ia sakit maka ia akan diberi kesembuhan" (HR Ali bin Abi Thalib).

 

Wallahu A’lam Bishowwab

 

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store